Sejumlah masyarakat terjaring dalam operasi Yustisi Gabungan TNi/Polri dan Pemkota Bogor


Sejumlah masyarakat terjaring dalam operasi Yustisi  Gabungan TNi/Polri dan Pemkota Bogor

BOGOR KOTA  - Sejumlah Petugas gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Kota Bogor  menggelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan secara stasioner di dua titik, diantaranya bertempat di Jln Mawar kel Menteng ke Bogor Barat kota Bogor, dan di depan Kantor Polsek Bogor Utara di Jln Pajajaran Kota Bogor, dan kegiatan ini diikuti oleh beberapa kecamataan diwilayah kota Bogor dengan system stasioner maupun system mobile. Selasa ( 15/09 ).

Operasi Yustisi gabungan ini  dilaksanakan dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bogor. Adapun Sanksi yang di berlakukan pada Operasi Yustusi pagi ini mengacu kepada aturan Perwali No 107 Thn 2020, tentang penerapan sanksi administratif perorangan berupa sanksi soasial dan denda administratif di tempat.

Dalam razia itu, para petugas menghentikan warga yang  beraktivitas dan tidak mengenakan masker dan langsung dijatuhi hukuman oleh petugas gabungan berupa hukum admintrasi maupun hukuman sosial, dari hasil operasi yustisi  tersebut  petugas mendapati pelanggar  sebanyak 32 pelanggar dengana rincian hukuman  diantaranya Sanksi administrasi sebanyak 29 sanksi dan sanksi Sosial sebanyak 3 sanksi.

Dalam kegiatan  Operasi Yustisi Gabungan ini disaksikan langsung oleh Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Eddy S Tambunan,Danrem 061/SK Brigjen TNI Agus Sugianto,  Dandim 0606 kota Bogor kol Inf Robby Bulan, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser dan Walikota Bogor DR Bima Arya. Yang sebelumnya  Bapak Wakapolda Jabar   beserta Rombongan   melaksanakan pengecekan Check Point dan Social Distancing di Stasiun KRL kota Bogor dan pengecekan penumpang di dalam lokasi gerbong kereta listrik yang akan berangkat mengarah ke Jakarta. 

Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Eddy S Tambunan, yang menegaskan, razia ini akan terus berlanjut, untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, “ Kegiatan  operasi yustisi ini sesuai dengan arahan Waka Polri yang menginstruksikan kepada jajaran untuk melaksanakan operasi yustiti yang mengedapankan Satpol PP di backup TNI/Polri , tujuannya adalah   pendisiplinan masyarakat untuk menjalankan protocol kesehatan dengan cara menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak baik dilingkungan keluarga maupun dalam kegiatan di luar rumah  “ tandas Brigjen Eddy S Tabunan.
 
“Kita punya target setiap polres melaksanakan operasi yustisi sebanyak 2 titik dan 1 secara mobil, sedangkan untuk tingkat polsek 1 titik 1 mobile, dan untuk wilayah kota Bogor sehubungan dengan melonjaknya angka peningkatan covid19, maka kami akan back up pemkota Bogor untuk menekan angka peningkatan tersebut dengan  melaksanakan operasi yustisi ini “. Pungkas Brigjen Pol Eddy S Tambunan